ArtikelPeran SakaTulisan Pengunjung

“Wujud nyata Pramuka dalam Bakti Masyarakat di lingkungan Masyarakat”

 

PROBOLINGGO – (Pramuka) SAKA Wirakartika Kodim 0820 Probolinggo kembali melaksanakan Kegiatan Bakti Sosial (baksos) ditengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda. Saka Wirakartika Kodim 0820 Probolinggo  membagikan makanan dan minuman, apa yang mereka lakukan patut diacungi jempol.

 

Pasalnya, mereka membagikan makanan kepada para tunawisma, pemulung, pengemis, bahkan bapak – bapak penaik becak dan penarik angkot yang kebetulan sedang lewat dan beristirahat di wilayah kota Probolinggo. Kami (Pramuka) SAKA Wirakartika Kodim 0820 Probolinggo merupakan bagian dalam masyarakat, turut prihatin dengan kondisi yang terjadi pada saat ini oleh karena itu kami berinisiatif untuk membagikan makanan dan minuman.

“Kami pada Sabtu (21/11/2020) petang bagi – bagi makanan kepada warga, Target utamanya adalah bapak – bapak penarik angkot, becak, para tunawisma dan pemulung serta pengemis. Meski tidak seberapa namun kami ingin berbagi,”ujar Sofiq anak Pramuka Saka Wira Kartika usai membagikan makanan dan insyaallah kami akan melakukan dari tempat yang satu ketempat yang lain.

 

Sofiq mengaku, acara ini tidak rutin, namun dilakukan secara ikhlas. “apabila kami mempunyai rezeki lebih kami juga akan melalukan sama halnya dengan apa yang kami lakukan saat ini, Jangan liat jumlahnya tapi bagaimana ketulusan kami untuk peduli kepada sesama. Kami menyisihkan uang kami sebesar Rp.5000,00 dari uang jajan kami,’ ujarnya. (Sofiq)

 

Tujuan diadakannya kegiatan ini salah satu upaya untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Apalagi masyarakat sekarang ini hasil perekonomiannya sangat rendah. Saya berharap dapat meringankan beban masyarakat.

 

Pandemi COVID-19 merupakan penyakit yang sangat luar bisa karena seluruh dunia terkonfirmasi penyakit ini sehingga dapat memberikan berbagai dampak negatif maupun positif maupun dalam hal sosial dan ekonomi. Dimana masyarakat tidak boleh melakukan kegiatan yang dapat mengumpulkan masyarakat dan tidak boleh berjualan serta tidak boleh berkomunikasi secara langsung, sehingga dapat menurunnya pendapatan masyarakat, bahkan kehilangan mata pencahariannya karena banyak usaha gulung tikar serta beberapa dampak lainnya.

Hal tersebut memunculkan berbagai inisiatif di tengah masyarakat untuk saling mendukung satu sama lain melewati masa – masa sulit ini. Berbagi kepada mereka yang membutuhkan bukan hanya berbentuk materi, namun bisa bermacam – macam bentuknya mulai dari berbagi makanan, kebutuhan sehari-hari, ilmu dan lain sebagainya. Asalkan dilakukan dengan niat yang tulus, maka berapapun dan apapun yang kita berikan akan menjadi berkah bagi orang lain dan juga pahala.

Sebagai anggota Pramuka tambahnya, sudah menjadi janjinya untuk rela melakukan yang terbaik untuk masyarakat dengan selalu bersinergi dengan pemerintah, terlebih dalam situasi seperti sekarang dan selalu menjaga kesehatan serta jangan lupa pesan Ibu yakni jaga jarak, cuci tangan dan selalu pakai masker.

Dengan adanya kegiatan baksos ini semoga bisa meringankan masyarakat yang terdampak covid-19, lebih bersemangat lagi dan pantang menyerah.

.

#jatimguyub #peransakajatim2020 #lombaartikelsaka2020

Leave your vote

Related Articles

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Check Also
Close
Back to top button

Log In

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x